Inilah 7 Hal yang tidak hancur saat Hari Kiamat




Kiamat akan terjadi sesuai dengan ketetapan Allah dan tidak ada yang tahu kapan kiamat tersebut akan datang. Pada dasarnya, kita hanya diberitahu apa saja tanda-tanda datangnya kiamat, baik kiamat sugra maupun kubra. Saat hari kiamat semuanya hancur kecuali 7 hal yang bisa kita pelajari sebagai tambahan pengetahuan dan niat untuk selalu berbuat baik.

Beriman pada hari akhir adalah salah satu rukun iman yang harus kita percaya sebagai seorang muslim. Pengertian hari kiamat merupakan hari dimana akan terjadi peristiwa yang begitu dahsyat yang menjadi akhir kehidupan dunia. Banyak dalil yang menjelaskan mengenai peristiwa yang akan terjadi di suatu hari kelak.

Ketika malaikat Israfil meniupkan terompet sangkakal maka dengan kekuasaan Allah, beberapa hal ini akan muncul dimana semuanya telah tiada:

1. Surga dan neraka
Allah telah menjelaskan secara jelas bahwa di hari kiamat kelak, surga dan neraka tidak akan hancur. Allah menjamin bahwa surga dan neraka bersifat kekal meskipun lainnya telah hancur dan binasa.

2. Arsy Allah SWT
Singgasana Allah ini tidak akan hancur karena sudah mendapatkan jaminan dari Allah akan keabadian dan kekekalan Arsy sebagaimana yang telah diterangkan dalam berbagai dalil diaman Arsy tidak dapat dipecah ataupun dibelah.

3. Kursi Allah SWT
Mungkin kita hanya mengetahui bahwa Allah memiliki singgasana tapi ternyata Allah juga memiliki kursi yang tidak akan hancur meskpun hari kiamat datang.

4. Lauhul Mahfuzh
Catatan manusia selama hidupnya ini telah tercatat jelas di dalam Lauh ahfizh. Kitab yang berisikan segala sesuatu tentang takdir manusia ini tidak akan hancur meskipun datang hari kiamat.

5. Qalam atau Pena
Mungkin kita akan terheran-heran mengapa pena tidak akan hancur di hari akhir. Namun, yang dimaksud bukanlah pena seperti yang kita lihat atau sering gunakan. Pena yang tidak akan hancur di hari kiamat kelak adalah Qalam atau pena Allah. Para ulama sepakat bahwa Qalam adalah makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah sesuai dengan sabda Rasulullah bahwa sesungguhnya makhluk yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah Al Qalam. Setelah itu, Allah berfirman pada Pena tersebut “Tuliskan!” kemudian Pena itu mengatakan “apa yang harus aku tulis ya Rabb?”, Allah pun memerintahkan pena itu untuk menuliskan takdir hingga tiba hari akhir.

6. Tulang ekor manusia
Kiamat yang luar biasa itu akan menghancurkan seluruh tubuh kita, kecuali tulang ekor manusia yang akan lebih terlihat. Hal ini bukanlah khayalan atau karangan semata karena sesuai dengan sabda Rasulullah yang mengatakan bahwa setiap bagian tubuh manusia akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang ekor dari manusia yang akan dirakit kembali di hari akhir sebagai keadaan manusia di hari kiamat.

7. Ruh
Hanya Allah yang tahu bagaimana keadaan ruh makhluk  hidup. Namun, di dalam dalil-Nya, dikatakan bahwa ruh adalah salah satu yang tidak hancur meskipun datang hari kiamat. Ruh berada di dalam diri manusia dan jika sudah saatnya meninggal maka ruh tersebut akan dicabut dan dikembalikan ketika hari kebangkitan. Bahkan, para ulama pun setuju dengan abadinya ruh manusia.

Berdasaran penjelasan saat hari kiamat semuanya hancur kecuali 7 hal ini, sungguh luar biasa kekuasaan Allah. Sudah sepatutnya kita mengagungkan Allah di atas segala-galanya. Tidak ada sesembahan yang patut untuk disembah kecuali Allah Ta’ala.



Inilah 7 Hal yang tidak hancur saat Hari Kiamat Inilah 7 Hal yang tidak hancur saat Hari Kiamat Reviewed by Unknown on 1:19 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.